fbpx

Inilah 3 Cara Ampuh Menarik Pelanggan Kembali

Assalamualaikum wr wb

Salam sejahtera semoga hanya kebaikan yang menyertai kita semua

Salah satu permasalahan klasik yang pasti di hadapi oleh para pedagang adalah larinya para pelanggan ke pesaing kita, mungkin bukan masalah untung rugi nya, tapi lebih kepada gengsi dan sakit hati di tinggal pelanggan ke pesaing.

Anda sebagai pedagang pasti pernah mengalami hal tersebut, bahkan yang lebih sakit hati lagi adalah pelayanan atau produk dari pelanggan tidak lebih baik dari pada anda, tapi tetap saja pelanggan lari ke pesaing anda.

Ini hal yang wajar terjadi dalam persaingan dagang, terlebih lagi jika anda seorang pedagang di pasar dimana tingkat persaingan dagang sangat tinggi, fenomena seperti ini pasti sudah menjadi makanan sehari – hari, nah di vidio ini saya akan share tips untuk meminimalisir larinya pelanggan ke pesaing anda

Langsung saja pertama adalah.  Jalin hubungan yang baik.

Iya, hubungan yang baik akan menjadikan persaudaraan yang baik. Anda pasti pernah merasakan atau paling tidak melihat orang yang bukan saudara namun dekat seperti saudara. Menjadi tempat cerita masalah, lalu Ketika ada masalah dibantu, dan itu bisa anda jadikan untuk menjaga loyalitas pelanggan Anda. Jadi jalin kedekatan dengan pelanggan anda, melalui sharing masalah atau suatu hal, membantu  ketika ada masalah, menanyakan keadaan , dan semacamnya. Intinya jalinlah interaksi yang positif.

Karena banyak dari para pedagang karena sudah berlangganan jadi kurang di prioritaskan atau malan di di sepelekan, merasa sudah pelanggan bergantung pada anda jadi bisa seenaknya sendiri, nah ini anggapan yang salah.

Lanjut yang kedua adalah, berikan penawaran khusus.

Pelanggan berbeda dengan pembeli baru pada umumnya. Seorang pelanggan itu telah mempercayakan kepercayaannya terhadap produk yang anda jual. Jadi jangan anda samakan dengan pembeli pada umumnya. Berilah penawaran yang menarik, seperti potongan harga, beli 10 gratis 1, bisa juga anda berikan bonus atau tadi seperti yang saya ucapakan yaitu persenan bodho atau persenan lebaran, dan semacamnya. Jadi berikanlah penawaran khusus.

Namun perlu di garis bawahi bahwa penawaran khusus ini harus bersifat rahasia, karena tidak etis jika penawaran khusus ini di ketahui oleh pembeli baru.

Lalu yang ketiga adalah Bertanggung jawab atas produk anda. Jangan anda kecewakan pelanggan anda. Jika barang caca maka bilanglah cacat, jika barang anda saat inikurang bagus maka bilang kurang bagus. Jangan anda berbohong kepada pelanggan atas kualitas produk anda. Dan juga jangan berdagang denngan tidak jujur. Ini sering kali terjadi, dimana seorang pedagang tidak ingin rugi dan akhirnya membohongi pelanggan. Jadinya apa? Pelanggan kecewa dan tidak akan membeli lagi. Dan ini sangat bahaya betul. Karena yang namanya mulunt manusia, bisa menjadi alat penyebaran berita yang tajam. Jadi jangan anda bohongi pelanggan anda. Jika anda tidak mengetahui atau misalkan kesalahan karyawan anda yang memberikan barang cacad, maka bertanggung jawablah. Jika dalam duni bisnis ini disebut dengan followup after sale.

Nah, saya yakin jika anda menerapkan ketiga point ini , pasti bisa meminimalisir kejadian pelanggan lari ke pesaing anda.

Saya rasa itu dulu yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda.

Terimakasih, sampai jumpa dikesempatan selanjutnya, akhir kata jika ada kebenaran yang saya katakan, itu semata dari Tuhan YME, jika ada salah kata saya pribadi mohon maaf. Saya Abah Romdhoni.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Anda akan terhubung dengan kami via Whatsapp, silahkan klik nama dibawah ini.

Call & Chat via WhatsApp Klik Disini